TB

<< MTs. NEGERI 2 LOMBOK BARAT >> << ISLAMI, UNGGUL, DAN TERAMPIL >>

Selasa, 16 Maret 2021

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) KELAS 9

 Sebagai bagian dari pelaksanaan pembelajaran, kegiatan penilaian akhir semester atau UAS dilaksanakan setelah Ujian Praktik. Berbeda dengan ujian praktik, UAS meliputi semua mata pelajaran sebanyak 14. UAS ini juga dilaksanakan selama 1 minggu, mulai 16 Maret sampai dengan 20 Maret 2021. 

Ada beberapa perbedaan pelaksanaan UAS kali ini. Pertama, jumlah soal lebih sedikit (20 item ), waktu pengerjaan yang juga terbatas (50 menit), serta kepengawasan yang lebih sederhana, dimana 1 orang pengawas langsung mengawas dua mata pelajaran sekaligus. 

UJIAN PRAKTIK

 

HARI PERTAMA, SENIN, 08 MARET 2021

Suasana Ujian Praktik B.Arab
Sesuai dengan jadwal ujian praktik tahun ini, hari pertama mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dengan penguji masing-masing Endang Titik Hidayati,S.Ag. sebagai penguji Bahasa Arab dan Akmaludin,M.Pd. sebagai penguji Bahasa Inggris.

Pak Akmal sedang menguji B.Inggris

Untuk ujian praktik Bahasa Arab siswa diuji keterampilan membaca (Qiraah) dan keterampilan menulis (Imlak). Siswa diberikan teks sederhana dalam Bahasa Arab kemudian disuruh membaca kemudian ditanya tentang isi teks tersebut. Selanjutnya untuk menguji keterampilan Imlak, siswa dibacakan beberapa kalimat pendek dalam Bahasa Arab, kemudian siswa diminta untuk menuliskannya di papan tulis.

Ujian praktik Bahasa Inggris ditekankan untuk menguji keterampilan siswa dalam menbaca (reading). Siswa bisa memilih teks narrative yang ada di buku LKS untuk kemudian diperdengarkan kepada penguji. Penilaian untuk ujian ini terbagi menjadi tiga kriteria yaitu pronunciation, intonation, dan translation. Dalam pelaksanaannya ujian ini dilaksnakan secara individu, dimana siswa dipanggi satu per satu sesuai dengan urutan daftar hadir.

 

HARI KEDUA, SELASA 09 MARET 2021

Praktik Shalat Jenazah

Pada hari kedua, mata pelajaran yang diujikan adalah Fikih dan Qur’an Hadist dengan penguji Nurjani,S.Ag. untuk mata pelajaran Fikih dan Makrif,S.Pd.I untuk mata pelajaran Qur’an Hadist.

Dalam pelaksanaannya ujian praktik Fikih menguji kemampuan siswa dalam prakti/melaksanakan shalat jenzah mulai dari lafaz niat, bacaan, dan doa. Siswa secara bergiliran, satu persatu memeragakan shalat jenazah (jenazah model) secara jahar  memperdengarkan bacaan mulai dari lafaz niat, fatihah, solawat, dan doa untuk mayit.

Praktik Baca Qur'an
Untuk mata pelajaran Qur’an Hadist siswa diuji kemampuan praktik membaca al-Qur’an secara bertajwid. Bagi siswa putri yang kebetulan sedang menstruasi, mereka hanya diuji kemampuan pengetahuannya dalam bidang hukum-hukum bacaan. Dalam pelaksanaannya, guru membacakan beberapa potongan ayat Qur’an kemudian menanyakan hukum bacaannya menurut ilmu tajwid.

HARI KETIGA, RABU 10 MARET 2021

Ada dua mata pelajaran yang diuji pada hari ini yaitu Ilmu Penegtahuan Alam (IPA) dan Pendidikan Seni Budaya dengan penguji Muh.Zainal Abidin,S.Pd. untuk mata pelajaran IPA dan Darwis,S.Pd. untuk mata pelajaran Pendidikan Seni Budaya.

Prakti membuat hidroponik mini

Dalam pelaksanaannya ujian praktik IPA menguji kemampuan siswa dalam membuat instalasi hidropinik sederhana dari botol bekas minuman kemasan. Siswa secara berkelmpok membawa bahan yang dibutuhkan seperti botol bekas ukuran 1 liter dan beberapa gelas plastic kemasan air minum, busa, serabut kelapa, silet, dan mol cair. Kegiatan ujian praktik dilaksanakan di luar ruangan untuk menghindari kekotoran bekas cairan dan bahan lainnya di dalam kelas/ruangan.

salah seorang siswa sedanh nyanyi sambil bergitar

Untuk mata pelajaran Pendidikan Seni Budaya, siswa diuji kemampuan praktiknya untuk bernyayi. Setiap siswa bisa memilih 1 lagu wajib dan satu lagu bebas untuk dinyanyikan di depan penguji. Dalam ujian ini bagi siswa yang bisa memainkan alat music juga diperbolehkan untuk  memainkannya guna mengiringa lagu yang sedang dinyayikannya, khusus lagu-lagu bebas.


HARI KE 4, JUMA'AT 12 MARET 2021

Siap untuk lari walau hujan
Untuk hari ini hanya 1 mata pelajaran yang diujikan yaitu Pendidikan jasmani dan Kesehatan. Sebagai penguji ada guru mata pelajaran sendiri yaitu mujahiddin,S.Pd.

Walaupun dalam suasana hari yang hujan, siswa tetap diuji yaitu dengan lari mengelilingi dusun Montong Are. Masing-masing siswa diminta untuk melengkapi diri dengan atribut ujian berupa papan nama yang dipasang di dada atau di punggung.

HARI KE 5, SABTU 14 MARET 2021

Pada hari ini hanya aada satu mata pelajaran yang diujikan yaitu Prakarya dengan guru pembimbing yaitu Ibu Dewi Hartinah,S.Pd. Ujian dilaksanakan secara berkelompok 5 atau 6 orang untuk mempraktikkan prakarya tata boga. Setiap kelompok boleh memilih anggota kelompok sendiri tanpa harus bersamaan kelas. Kegiatan dilaksanakan di luar ruangan.

Sementara untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dilaksnakan ujian praktik mandiri. Siswa diminta untuk membuat pidato persuasif di rumah masing-masing.

Senin, 01 Februari 2021

SILATURRAHMI DAN PEMBINAAN ASN

Pada hari, Senin, 01 Februari 2021, kegiatan diadakan silaturrahmi dan pembinaan ASN (guru PNS dan Pegawai PNS) oleh Bapak kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat, H.Jalalussayuthi,M.Pd.Acara diawali dengan pemberian informasi tentang Siharka oleh Kasi Kepegawaian, H.Fahrurrozi. Dalam arahannya, Fahrurrozi, mengharapkan kepada semua ASN yang berada di bawah satker MTs.Negeri 2 Lombok Barat untuk segera melaporkan harta kekanyaannya selama tahun 2020 melalui aplikasi Siharka.Selain itu , beliau juga memeberikan informsi terkait dengan pengajuan usul kenaikan pangkat. Beliau mendorong kepada semua ASN yang akan mengusulkan diri untuk naik pangkat agar segera menyerahkan berkas ususlannya ke kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat. 

 Sebagai acara inti, yakni pembinaan ASN oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat dimulai sekitar pukul 09.00. Dalam pembinaannya, kepala kantor pada intinya menyampaikan beberapa hal, terutama sekali berkisar tugas dan tanggung jawab ASN selaku guru yang sudah disertifikasi. Sebagai guru, ASN harus lebih memaksimalkan tugasnya dalam membimbing, mendidik, mengajar, melatih, dan menilai kemajuan belajar siswa binaannya.

Kamis, 21 Januari 2021

SOSIALISASI PENERIMAAN SISWA BARU

 

TIM MAN IC

Pada Hari Kamis, 21 Januari 2021, di ruang multi media baru dilaksanakan sosialisasi penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2021/2022. Pada kesempatan ini ada dua madrasah yang memberikan sosialisasi   yaitu MAN Insan Cendekia Lombok Timur dan MAN PK Mataram. 

Pada kesempatan pertama, MAN Insan Cendekia melalui Tim (dua orang) memaparkan tentang di mana, kapan dan seperti apa MAN Insan Cendekia. Dalam penjelasannya kepada siswa kelas IX Tim menyampaikan bahwa MAN Insan Cendekia Lombok Timur merupakan salah satu MAN, Madrasah Aliyah Negeri, yang dibentuk khusus untuk menyiapkan siswa dalam bidang sains. Dengan kata lain siswa yang belajar di MAN Insan Cendekia akan mendapatkan bimbingan dalam mempelajari sains, baik sosial maupun alam, ataupun fisika. Siswa, dalam mempelajari ilmu pengetahuan akan lebih diarahkan untuk 'menemukan' sesuatu yang baru dari keilmuan maupun keterampilan.

Siswa Kelas IX

Sementara pada kesempatan kedua, Tim sosialisasi dari MAN PK Mataram memaparkan keberadaan MAN PK yang khusus dibentuk oleh Kementerian Agama untuk menyiapkan generasi muda (siswa aliyah) menjadi 'ulama' yang moderat dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Dalam penjelasannya juga disampaikan berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh pengelola MAN PK Mataram seperti asrama, fasilitas olahraga, fasilitas belajar dan berbagai kegiatan kajian keagamaan. 

TIM MAN PK

Sementara itu, Wakamad bidang Kurikulum, Akmaludin, yang mewakili kepala madarasah, menyampaikan terima kasih kepada TIM baik MAN Insan Cendekia Maupun MAN PK yang telah memberikan informasi lebih dini kepada siswa kelas IX yang sebentar akan menyelesaikan pendidikannya. Khusus kepada para siswa, beliau mengharapkan agar siswa dapat menjadikan informasi tersebut sebagai salah satu bahan dalam mempertimbangkan ke mana mereka akan melanjutkan pendidikannya. 

Kamis, 07 Januari 2021

PEMBELAJARAN TATAP MUKA SEMESTER GENAP DIMULAI


 

SAHIMI,S.Pd.M.Pd.
KEPALA MADRASAH
Setelah pembagian rapot dan libur semester ganjil, pelaksanaan pembelajaran normal terbatas untuk semester genap dimulai. Hal ini dimulai dengan Apel Bendera peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 75. Dalam apel ini, Waka Kurikulum, Akmaludin,M.Pd.(selaku pembina upacara), mewakili kepala madrasah menyampaikan bahwa "walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19, siswa harus tetap belajar. Dan Alhamdulillah kita termasuk yang diijinkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka langsung", demikian pungkasnya. 

Diperbolehkannya MTs.Negeri 2 Lombok Barat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka langsung adalah karena sudah memenuhi kelengkapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Selain itu juga 'simulasi pembel;ajarn tatap muka langsung' sudah dilaksanakan  sebulan, di akhir semester ganjil.



Prosedur pelaksanaan pembelajaran tatap muka langsung pada semester genap ini, persis sama dengan prosedur pembelajaran ketika simulasi dilaksanakan. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan model shift, dengan rincian Kelas IX belajar pada Hari Senin dan Kamis, Kelas VIII belajar pada hari Selasa dan Jumat, dan Kelas VII belajar pada hari Rabu dan Sabtu. Selain itu pelaksanaan pembelajaran tatap muka langsung sekarang ini memberikan waktu tatap muka bagi setiap mata pelajaran selama 50 menit (setara dengan 2 Jam Pelajaran). Adapun pengaturan waktu adalah dimulai jam 07.30 dan berakhir jam 10.50 dengan tanpa jeda untuk istirahat.


Senin, 30 November 2020

HARI GURU NASIONAL (HGN) KE 75-"HGN MASKER"

Selain jumlah peserta yang sangat minim, juga hampir semua siswa dan guru menggunakan masker dan menjaga jarak selama upacara dilaksanakan. Bahkan dalam menyanyikan lagu, lebih banyak diiringi oleh instrumentalia saja. 

Namun demikian, peringatan HGN tahun ini masih dimeriahkan dengan pemotonga nasi tumpeng oleh kepala madrasah. Kepala medrasah dalam penyampaian amanatnya, membacakan pidato menteri pendidikan. 

SIMULASI AKM SISWA KELAS VIII

Sebagai konsekuwensi tidak dilaksanakannya Ujian Nasional untuk siswa MTs.Kelas IX, pemerintah lewat kementerian Pendidikan telah menggagas ujian bentuk lain yaitu Assesmen Kompetisi Minimal (AKM). AKM ini akan mengukur kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa meliputi kompetisi Literasi dan Numerik. Pada tingkat kompetensi literasi, siswa diberikan berbagai macam jenis bacaan yang kemudian siswa diberikan pertanyaan tentang isi bacaan dalam bentuk pilihian ganda, benar-salah, isian pendek.
Pada tataran kompetensi numerik, siswa diberikan teks dalam bentuk tabel, deret angka yang kemudian pertanyaan disajikan untuk mengukur kemampuan berhitung siswa terkait dengan informasi yang ada pada teks yang diberikan.

Yang pertama adalah AKM. AKM ini dirancang untuk mengukur hasil belajar kognitif (literasi dan numerasi) peserta didik. Literasi dan numerasi itu apa sih? Kemampuan literasi di sini erat kaitannya sama kemampuan kita dalam memahami suatu informasi dari bacaan. Sedangkan untuk numerasi sendiri berkaitan dengan kemampuan mencerna informasi dalam bentuk angka atau kuantitatif.

Bagian kedua adalah survei karakter. Kalau AKM digunakan untuk menguji kemampuan kognitif siswa dalam bidang literasi dan numerasi, survei karakter ini dirancang untuk mengukur capaian belajar siswa dalam bidang sosial emosional berupa pilar karakter dengan tujuan untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila.

Bagian ketiga atau terakhir adalah survei lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah. 

Jika sebelumnya ujian akhir digunakan untuk menguji hasil belajar siswa sebagai syarat kelulusan, Asesmen Nasional boleh dibilang melakukan pengujian secara lebih luas. Hal ini dilakukan dengan tujuan melakukan pemetaan dasar dari kualitas pendidikan yang nyata ada di lapangan. Sebagaimana dikatakan oleh Mendikbud Nadiem Makarim “Hasil Asesmen Nasional tidak ada konsekuensinya buat sekolah, hanya pemetaan agar tahu kondisi sebenarnya.”

Enggak sebatas melakukan pemetaan saja loh gaes. Kemendikbud juga akan membantu sekolah dan dinas pendidikan daerah dengan cara menyediakan laporan hasil asesmen yang berisi penjelasan profil kekuatan dan area perbaikan tiap sekolah dan daerah.