TB

<< MTs. NEGERI 2 LOMBOK BARAT >> << ISLAMI, UNGGUL, DAN TERAMPIL >>

Jumat, 28 Agustus 2020

WORKSHOP PENYUSUNAN RPP LURING BELAJAR DI RUMAH ( BDR)

LATAR BELAKANG KEGIATAN 

Pendidikan bermutu identik dengan pembelajaran bermutu, yaitu pembelajaran yang mampu memberikan ruang sekaligus dorongan kepada peserta didik untuk berekspresi dan mengapresiasikan kebutuhan belajar sesuai bakat, minat selaras usia pertumbuhan-perkembangan serta kondisi lingkungan hidup peserta didik (geografis, demografi, kultur, sosial-ekonomi ) sebagai bekal kehidupan pada jamannya kelak. 


Ideasi proses pendidikan pembelajaran tersebut membutuhkan sosok guru yang profesional dan sejahtera.Rujukan berpikirnya adalah guru menempati posisi strategis yang tidak tergantikan walaupun perkembangan media pembelajaran maju demikian pesat. Kerenanya, guru harus 1) memenuhi standar kualifikasi pendidikan, 2) menguasai kompetensi profesi keguruan, 3) memiliki komitmen yang tinggi terhadap profesi yang diimbangi dengan upah/gaji /penghasilan yang layak untuk menghidupi diri dan keluarganya. 

Guru merupakan jabatan profesi yang semestinya meiliki berbagai kompetensi yang harus terus dikembangkan searah dengan perkembangan zaman. Kompetensi merupakan seperangakat pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang ditampilkan melalui unjuk kerja yang harus dikuasai guru dalam rangka proses pendewasaan peserta didik. 


Sesuai UU nomor 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen menyebutkan bahwa guru harus memiliki minimal emapat kompetensi profesi, pedagogik,sosial dan keperibadian sebagai seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan pekerjaan tertentu. Dengan demikian kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan kompetensi meliputi guru pada semua satuan pendidikan. Termasuk kemampuan guru di MTs.Negeri 2 kabupaten Lombok Barat yang mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri.

Untuk menunjang keberhasilan tersebut, guruu-guru normatif dan adaptif perlu memperdalam hal-hal yang bersifat substantif. Dengan demikian diharapkan dapat memenuhi standar sebagai guru yang ”qualified”. Sebagai  salah satu tolok ukur keberhasilan peserta didik dalam menempuh jenjang pendidikan adalah nilai kelulusan terutama pada mata pelajaran yang masuk Rumpun Agama, IPA,IPS Terpadu serta Sosial lainnya..


Kondisi guru sebagai ujung tombak dalam proses kegiatan belajar di Era Pandemi Covid 19 ini mengajar masih banyak kelemahan, misalnya: mengajar tidak sesuai keahliannya, kurangnya menguasai materi pelajaran, kurangnya bervariasi metode pengajaran yang dilakukan, kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media pengajaran, kurangnya kemampuan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran yang inovatif , dan kurangnya kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa profesionalisme guru dituntut untuk senantiasa ditingkatkan.  Workshop Penyusunan RPP berbasis Luring di Era Pandemi Covid 19 merupakan salah satu upaya untuk  meningkatkan  tuntutan perubahan paradigma pembelajaran saat ini, yang bermua berpusat pada guru beralih menjadi pada siswa ( student centered ). Melalui Workshop MGMP, diharapkan guru dapat memperdalam hal-hal substantif dan memperkaya wawasan, metode, serta media pembelajaran terkini.


Dengan demikian diharapkan mereka daapat memenuhi standar sebagai guru yang bermutu di bidangnya, profesional dalam menjalnkan tugas, dan pada akhirnya diharapkan bermuara pada peningkatan mutu tamatan peserta didiknya.

Dalam rangka mendukung program tersebut  Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat melalui Kasi Pendidikan Madrasah berupaya melakukan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkepentingan untuk melakukan pembinaan dan berupaya meningkatkan kualitas kompetensi guru normatif dan adaptif melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan ,workshop bagi  guru-guru Madrasah umumnya secara berkala.

DASAR KEGIATAN

Dasar pelaksanaan kegiatan Workshop  Penyusunan RPP Luring di Era Pandemi Covid 19  dengan Belajar di Rumah  (BDR) bagi semua Guru  Mata pelajaran Rumpun IPA Terpadu,IPS Terpadu Rumpun Agama dan Sosial dan Muatan Lokal lainnya .
  1.    UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  2.    PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
 3. PP No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara pemerntah Pusat,       pemerintah   Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
4.    PP No. 39 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Uang Negara/Daerah
5.    PP No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah
6.    PP No. 74/ 2008 tentang Guru
7. KMA 183 Tahun 2019 dan KMA 184 tahun 2019, Kurikulum Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021

C.   MAKSUD DAN TUJUAN
Kegiatan Workshop Penyusunan RPP Luring dengan Belajar di Rumah oleh semua Dewan  Guru Mata Pelajaran di MTs.Negeri 2 Lombok Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Bertujuan untuk :

1  Meningkatkan kualitas pemahaman substansi dalam menyusun Rencana Program Pembelajaran        
     Luring oleh setiap dewan guru mata pelajaran.
2. Meningkatkan kemampuan guru untuk berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran dengan     mengembangkan pola RPP yang berbasis kegiataan  Literasi dan 4C.(  Critical Thingking,     Colaboration, Comunication, Creativity )
3. Memberikan bekal guru dalam mempersiapkan peserta didiknya menghadapi pembelajaran pola       Luring dan during di Era Pandemi Covid 19.
4.Memberikan bekal guru dalam meningkatkan profesionalisme diri menyongsong program peningkatan kompetensi dan profesi guru dan Era abad 21 yang berbasisi digital..

HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dari kegiatan Workshop guru Mata Pelajaran dalam Menyusun RPP Luring di Era Pandemi Covid 19  adalah :
1.  Meningkatkan kompetensi Guru Mata Pelajaran dalam menyusun RPP  yang inivatif dan kreatif.
2. Meningkatkan kemampuan pengembangan model-model pembelajaran, untuk menunjang pembelajaran Aktif, kreatif, Efektif dan Menyenangkan
3.  Meningkatkan keterampilan menyusun silabus, RPP yang berbasis Literasi dan pola metode 4C ,  penggunaan Media Pembelajaran yang inovatif.
4. Adanya rencana tindak lanjut pasca kegiatan penyusunan RPP Luring denga pola Belajar di Rumah (BDR) dengan melakukan upaya Tindak Lanjut oleh masing-masing dewan guru mata pelajaran

 PELAKSANAAN KEGIATAN

A. MATERI 
     Materi yang dikembangkan adalah Pengarahan Program Kepala, Perencanaan Pembelajaran, Model RPP Luring 1 Lembar, Pengembangan Indikator, Model Kegiatan Literasi, Metode Belajar 4 C, Penyusunan RPP Luring, dan Penyusuna Rencana Tindak Lanjut


B. TEMPAT DAN WAKTU
Kegiatan Wokshop Penyusunan RPP Luring dengan Belajar di Rumah di Era Pandemi Covid 19  dilaksanakan pada 4 hari mulai tanggal 12 Agustus sampai dengan 15 Agustus 2020

C. PESERTA
Peserta kegiatan Wokshop semua  Mata Pelajaran yang ada d MTs Negeri 2 Lombok Barat sebanyak 34 orang yang hadir pada acara tersebut termasuk dari guru honorer.

D. PANITIA
Panitia penyelenggara kegiatan Wokshop Penyusunan RPP Luring di Era Pandemi Covid 19 adalah Semua unsur Tenaga Kependidikan yang ada di MTs Negeri 2 Lombok Barat.

E. NARA SUMBER
Narasumber kegiatan Wokshop Penyusunan RP Luring bagi Guru MTs Negeri 2 Lombok Barat yang berasal dari Kepala  Madrasah, Wakil Kurikulum, dan Koordiantor Pengembangan Kinerja Guru Berkelanjutan (PKB)

F. PEMBIAYAAN
Sumber dana pelaksanaan kegiatan Wokshop Penyusunan RPP Luring bagi Guru MTS Negeri 2 Lombok Barat dana kegiataan Konsumsi bersumber dari DIPA  Kegiataan Workshop Giuru MTs N 2 Lombok Barat Tahun Anggaran 2020.

 HASIL DAN TINDAK LANJUT

A. HASIL
Adapun hasil kegiatanWorkshop Wokshop Penyusunan RPP Luring bagi Guru MTS Negeri 2 Lombok Barat  untuk dapat :
1. Meningkatnya kompetensi guru mata pelajaran bagi guru MTsN 2 Lombok Barat dalam menyusun         Rencana Pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, memilih media pembelajaran yang evektif           untuk diterapkan sesuai kompetensi dasar materi yang diajarkan.
2.  Meningkatnya dari kompetensi substansi guru mata pelajaran dalam menyusun RPP Luring yang           berbasis Abad 21.
3.  Terfasilitasinya perolehan angka kredit guru sebagai salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat      dan sertifikasi guru dalam jabatan.

B. TINDAK LANJUT
Tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan Workshop  Penyusunan  RPP  Luring Belajar di Rumah adalah mendesiminasikan hasil kegiatan ini mampu mengembangkan kompetensi guru  maupun kepada teman sejawat masing-masing guru mata pelajaran . Harapan kami mengadakan kegiatan yang sejenis sehingga Guru memiliki kompetensi dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal dan mampu melakukan inovasi pembelajaran di Era Pandemi Covid 19.LAPORAN LENGKAP DOWLOAD 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar